Kamis, 15 September 2016

CARA MENGATASI ENGINE LOW POWER PADA FORKLIFT DIESEL

  
     Masalah yang mungkin sering terjadi pada forklift diesel, terutama pada daerah dengan kondisiI bahan bakar yang sangat buruk. Pada kesempatan ini saya akan membagikan sedikit tips mengatasi engine low power pada Forklift diesel dengan merek KOMATSU FD50-7 / FD50-8


                                                      ini nih binatangnya bro.o.o.o.....

GEJALA DAN AKIBAT  ENGINE LOW POWER

Gejala dan akibat yang mungkin sering terjadi antara lain :

1. Unit susah ketika di start
2. Unit sinjal atau seperti loncat - loncat ketika di operasikan
3. Unit seperti tidak bertenaga
4. Dan lain - lain intinya yang bikin unit terasa tidak nyaman ketika di operasikan


PENYEBAB PERMASALAHAN

1. Saringan udara Kotor
2. Kotoran yang menyumbat strainer
3. air masuk ke dalam sistem Bahan bakar






CARA MEGATASINYA


1. Saringan udara Kotor

Pada beberapa tipe saringan udara memiliki indikator debu (dust indicator) maka pada saringan udara tipe ini indikator debu akan berwarna merah ketika saringan udara buntu.
lepas saringan udara dari rumahnya,
semprot saringan udara dari sisi bagian dalam ke luar, semprot dengan udara bertekanan 7 kgf/cm2 pasang kembali saringan udara, lakukan kebalikan dari langkah pelepasan.
 
Note : Jika saringan udara terlalu kotor dan penyok- penyok lakukan penggantian dengan saringan udara yang baru.
Catat Hour meter pada panel ketika melakukan penggantian saringan udara sebaiknya diganti setiap 1000 jam. Pada saringan udara yang menggunakan indikator, tekan bagian atas indikator setelah membersihkan, hal ini bertujuan untuk mereset indikator tersebut.



2. Kotoran yang menyumbat strainer

Strainer atau saringan untuk bahan bakar sangat berperan untuk mencegah kotoran masuk ke dalam sistem bahan bakar. strainer berada setelah tangki bahan bakar , sebelum filter bahan bakar pada selang bahan bakar yang menuju ke pompa injeksi.
cara membersihkannya cukup dengan melepaskan strainer dengan kunci ring atau kunci pas dengan ukuran 19.

                                                                bentuk strainer

 semprot dengan udara bertekanan atau cuci dengan menggunakan solar yang bagus.
Setelah strainer bersih pasang kembali, dan kencangkan.



3. air masuk ke dalam sistem Bahan bakar

 Air sangat berbahaya jika sampai masuk ke sistem bahan bakar.
indikasi yang mudah terlihat adalah asap sisa pembakaran pada lubang kenalpot berwarna putih kebiru  - biruan, dan terasa sangat pedas di mata.

Pada kasus ini caranya adalah dengan membersihkan air yang berada pada filter bahan bakar.


                                                           Filter bahan bakar


Lepaskan filter bahan bakar dengan menggunakan kunci filter ( sebaiknya jenis sabuk )
jika sudah terlepas buang air dan solar yang ada didalam filter, bilas dan kocok - kocok filter beberapa kali dengan solar yang bagus.
Note : Jika filter terlalu kotor  atau penuh dengan air sebaiknya di ganti dengan filter yang baru

Setelah bersih, pasang kembali filter bahan bakar, isi filter dengan solar yang bagus sebelum di pasang, agar proses bleading udara tidak terlaliu lama.
langkah selanjutnya adalah dengan membuang air yang ada di dalam tangki.
untuk proses ini kita tidak perlu menguras tangki secara total jika bahan bakar yang tersisa masih banyak di tangki.
posisikan unit ditempat yang rata.dan diamkan selama 30 s/d 60 menit agar bahan bakar didalam tangki benar - benar stabil tidak tercampur dengan air.
Sediakan penampungan yang cukup,setelah itu buka kran pembuangan yang berada pada bagian bawah tangki..
Jangan di buka full agar dapat terlihat dengan jelas yang keluar air atau solar.....!!!! setelah solar keluar dari saluran pembuangan dan benar - benar tidak ada air yang ikut terbawa tutup kembali saluran pembuangan.( karena masa jenis air lebih berat dari masa jenis solar )

Yang terakhir proses Bleading ( membuang udara yang terjebak didalam sistem bahan bakar)

  Udara yang terjebak di dalam sistem bahan bakar juga dapat mempengaruhi performa unit.
cara membuang angin di dalam sistem bahan bakar adalah dengan cara;

Tekan Pompa yang berada di atas filter bahan bakar sampai dengan pompa tersebut terasa keras.



Buka sedikit dan perlahan baut piping dengan kunci pas atau kunci ring 19 agar udara yang terjebak bisa keluar, setelah udara keluar semua dan solar mengalir dengan lancar tutup kembali baut tersebut.
pompa kembali sampai terasa keras, dan engine siap untuk di start dan di operasikan...


CV. Raya Teknik Indonesia Menjual FILTER (Air Filter, Fuel Filter, Oil Filter, Hydraulic Filter, Transmission Filter, dll) khusus untuk ALAT BERAT (HEAVY EQUIPMENT), GENSET , INDUSTRI, TRUCK dengan merek :

- Genuine (KOMATSU, CATERPILLAR, MITSUBISHI, dll)
- DONALDSON
- FLEETGUARD
- BALDWIN
- MANN
- RACOR
- FHAS
- GRIFFIN
- SAKURA
- HENGST
- PROGUARD
- JIMCO
- UNION
- dll.




Menerima PEMBUATAN Filter sesuai dengan spesifikasi dari Customer. 

* Harga Filter Udara,Filter Oli, Filter Solar dan Filter Hidrolis yang kompetitif.


Untuk stock dan harga, silahkan hubungi :

Marketing

Rico 081217696856 (Whatapps)
Website: http://distributorfilter.blogspot.co.id
                rayateknikindo.indonetwork.co.id
Email : rayateknik.indo@gmail.com







Tidak ada komentar:

Posting Komentar