Macam-macam Filter Oli
Ada tiga tipe kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh kontaminasi padatan. Pertama adalah kerusakan catastrophic atau kerusakan yang sangat parah. Kerusakan ini diakibatkan oleh adanya material logam yang ukurannya besar yang masuk ke dalam aliran oli sehingga langsung dapat menghantam pompa ataupun bagian yang lain dan mengakibatkan kerusakan parah. Kerusakan kedua terjadi secara terputus-putus atau kadang muncul kadang hilang, seperti pada saat ada material padat yang mengganggu aliran oli di sisi check valve. Kerusakan ketiga terjadi secara perlahan, yakni ketika material padat berukuran kecil yang ikut mengalir bersama fluida menggerus (abrasi) setiap permukaan logam yang ia lewati.
Kerusakan Abrasi Akibat Partikel Asing (Sumber)
Kontaminasi padatan pada oli dapat berasal dari hal-hal berikut ini:- Oli baru yang baru saja diproduksi oleh pabrik, sudah mengandung kotoran padat lebih dari 75000 per 100 ml dengan ukuran di atas 5ยต (Sumber).
- Komponen-komponen mesin yang ada seperti pompa, saluran pipa, valve, heat exchanger, semua membawa kotoran padat yang berasal dari proses pembuatannya.
- Selain membawa kotoran dari proses fabrikasinya, komponen-komponen mesin tersebut juga akan mengalami pengikisan (aus) secara perlahan selama mesin bekerja, dan menghasilkan kotoran padat. Faktor beban kerja dan putaran mesin yang tinggi akan meningkatkan jumlah partikel komponen mesin yang terabrasi.
- Kotoran padat juga dibawa oleh udara sekitar yang dapat masuk ke dalam mesin melalui breather, silinder seal pada sistem hidrolis, atau tekanan vakum pada bearing. Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh, mesin yang bekerja di area gurun pasir akan lebih banyak kontaminasi padatan dibandingkan dengan lingkungan lain.
- Metode Purging. Metode ini tidak membiarkan udara bebas masuk ke dalam tanki oli dengan cara mengisi bagian tanki yang kosong dengan bahan lain seperti gas nitrogen atau instrument air (udara yang sudah bebas dari kotoran padat dan uap air).
- Metode Isolasi. Menggunakan isolasi atau sistem seal yang tepat pada bagian-bagian dari sistem pelumas ataupun hidrolis yang berpotensi masuknya udara ke dalam sistem.
- Breather pada tangki oli perlu dipastikan pula terpasang filter untuk mencegah kotoran masuk ke dalam tangki.
Macam-macam Filter Oli
- Cartridge Filter. Cartridge filter
adalah jenis filter yang menggunakan sebuah element yang dapat dilepas
dari rumah filter. Rumah filter terkoneksi dengan sistem oli, sedangkan
element filter lebih mudah dilepas dari rumahnya untuk diganti atau
dibersihkan.
Cartridge Lube Oil Filter Pada Mobil BMWSecara umum cartridge filter dapat dikelompokkan menjadi tiga berdasarkan jenis material yang digunakan sebagai filter, yaitu:
- Filter Selulosa. Filter ini berbahan dasar bubur kayu yang dicampur dengan fiber. Tipe ini memiliki clearence yang tidak konsisten serta mudah sekali rusak, namun memiliki kelebihan dapat menyerap kandungan air di dalam oli.
Cellulose Filter - Filter Sintetik. Jenis ini menggunakan bahan dasar fiber-glass yang dibuat secara manual dan memiliki clearence yang lebih konstan. Tipe ini lebih tahan lama serta mampu lebih baik menahan kotoran yang berukuran sangat kecil.
Synthetic Filter - Campuran Sintetik dan Selulosa. Tipe ini dapat digunakan untuk menggabungkan dua kelebihan yang ada pada tipe selulosa dan sintetik, untuk mendapatkan hasil filtrasi yang lebih optimal.
- Filter Selulosa. Filter ini berbahan dasar bubur kayu yang dicampur dengan fiber. Tipe ini memiliki clearence yang tidak konsisten serta mudah sekali rusak, namun memiliki kelebihan dapat menyerap kandungan air di dalam oli.
- Magnetic Filter. Magnetic filter menggunakan sebuah magnet permanen maupun elektromagnetik untuk menangkap kotoran-kotoran logam ferromagnetic
yang ada pada oli. Filter tipe ini cukup sederhana perawatannya karena
hanya perlu membersihkan permukaan magnet yang telah menangkap kotoran
logam.
Cara Kerja Magnetic FilterCara kerja filter tipe ini cukup sederhana, oli dialirkan melalui filter yang telah dilengkapi dengan magnet di tengahnya. Kotoran-kotoran logam yang dapat ditarik oleh magnet akan mengumpul di area permukaan magnet. Pada interval waktu tertentu permukaan magnet tersebut perlu untuk dibersihkan.
(Sumber) - Centrifugal Filter. Filter ini menggunakan
prinsip gaya sentrifugal untuk memisahkan oli dengan kotoran padat di
dalamnya. Oli kotor masuk ke sisi tengah filter melalui pipa kecil
berputar yang diujungnya terdapat lubang nozzle. Oli tersemprot ke
dinding filter yang berputar, akibat gaya sentrifugal yang tercipta dari
putaran dinding filter menyebabkan kotoran akan menempel pada dinding
sedangkan oli akan jatuh ke bawah. Untuk lebih jelasnya mari kita
perhatikan animasi berikut.
Menjual aneka jenis FILTER (Air Filter, Fuel Filter, Oil Filter,
Hydraulic Filter, Transmission Filter, dll) khusus untuk ALAT
BERAT (HEAVY EQUIPMENT), GENSET , INDUSTRI, TRUCK dengan merek :
-Genuine (KOMATSU, CATERPILLAR, MITSUBISHI, dll)
- DONALDSON
- FLEETGUARD
- BALDWIN
- MANN
- RACOR
- FHAS
- GRIFFIN
- SAKURA
- HENGST
- PROGUARD
- JIMCO
- UNION
- dll.
* Menerima PEMBUATAN Filter sesuai dengan spesifikasi dari Customer.
Untuk stock dan harga, silahkan hubungi :
Marketing
Rico 081217696856 (Whatapps)
Website: http://distributorfilter.blogspot.co.id
rayateknikindo.indonetwork.co.id
Email : rayateknik.indo@gmail.com
* Pengiriman bisa ke Luar Kota (Gresik,Sidoarjo,Mojokerto,Pasuruan,Malang dan kota-kota lainnya).* Harga Filter Udara,Oli,Hidrolis,Solar kami sangat kompetitif
Thanks for sharing the best information, I am really enjoying reading your well written articles oil blending equipment
BalasHapus